Brosis, musim hujan begini adalah godaan dan tantangan bagi para biker di jalan raya. Tantangan untuk semakin waspada dan konsentrasi nyetir karena handicap jalan yang basah, jarak pandang terbatas, hingga kemungkinan mesin mati terjebak genangan air. Godaannya adalah ketika kita tidak melengkapi diri dengan jas hujan, jas sepatu dan yang lainnya adalah segera tancap gas, geber rpm tinggi untuk segera tiba di tujuan, akibatnya bisa fatal. Terjatuh dan nabrak adalah salah dua contoh. Nah, bagaimana menghadapi kondisi riding ketika hujan. Pertama yang harus kita persiapkan adalah keyakinan kita untuk benar-benar mau riding hujan-hujanan. Jika kita yakin sudah siap mental riding hujan-hujanan maka sikap kewaspadaan akan muncul. Berikutnya adalah siapkan safety rain gear seperti jas hujan dan jas sepatu serta helm fullface untuk melindungi pakaian dan tubuh kita dari air hujan secara langsung.
Selanjutnya adalah cek kondisi tunggangan kita. Kembangan ban apakah masih di atas segitiga kecil, jika sudah agak gundul ada baiknya segera diganti, jangan nunggu gundul dulu, resiko motor kehilangan traksi ke aspal besar dan bisa ndlosor. Ingat, kondisi kering saja, ban gundul sudah berbahaya apalagi pas musim hujan. Kemudian cek juga chop busi, pastikan tidak bisa ditembus air. Caranya memang agak susah, tapi gampangnya bawa riding saja dulu di hujan-hujan, jika ada gejala brebet atau mesin mati berarti chop kudu diganti. Langkah berikutnya periksa rem, pastikan semua berfungsi normal karena di musim hujan rem akan lebih sering dipakai. ABS bisa optimal di kondisi ini :D. Rantai juga jangan lupa diperiksa. Air hujan plus kotoran adalah kombinasi sempurna bikin rantai karatan, sering-seringlah beri chainlube agar rantai lebih awet. Lampu juga harus dipastikan nyala semua karena ini penting memberikan informasi keberadaan kita di jalan kepada pengendara lain, maklum jarak pandang terbatas. Last but not least adalah pastikan bahan bakar di tangki cukup kalau perlu difullkan, jaga-jaga jangan sampai kehabisan di jalan. Banyak penjual eceran yang tutup biasanya, enakan kemulan jee hehe…
Itu tadi sedikit tip sebelum kita memutuskan riding dikala hujan. Sebenarnya semua aspek, baik rider maupun motor harus diperhatikan tidak hanya di musim hujan saja, tapi memang ketika hujan butuh perhatian lebih. Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat! oleh: RiderAlam untuk Situbondo
nice tips,..ajib 😀
SukaSuka
mumpung musim hujan A’
SukaSuka
@yudhadepp
bukannya tdk mau koment, tp dari opmin koq tdk bisa ya koment di blogspot?
SukaSuka
di sini jarang kulihat motor
biasanya cuma kalau musim panas, yg hobi naik motor keluar itupun bisa dihitung dgn jari, pemandangan yg langka nih
SukaSuka
Jerman lbh prefer mobil, kayak negara2 eropa lainnya ya, tingkat ekonomi berpengaruh thd pilihan moda transportasi. di Indonesia, motor adlh pilihan paling realistis untk ekonomi menengah
SukaSuka
Sip Infonya,
jangan ngebut pas hari lagi hujan
lebih berbahaya aspalnya ketika basah
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/mengapa-yamaha-berjaya-di-kalbar.html?m=1
SukaSuka
licin
SukaSuka
Sobat Karis saya memerlukan pendapat
sobat tentang artikel yang baru saya buat.
buat sobat-sobat yang lain
YUK KITA DISKUSI BARENG
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/fakta-ketika-wanita-duduk-menyamping.html?m=1
SukaSuka
tetap waspada
SukaSuka
betul
SukaSuka
hati2 doa
SukaSuka
betul
SukaSuka