Stop Press…!!! Etape 9 Reli Dakar 2017 Dibatalkan

Cuaca buruk kembali menjadi alasan utama pembatalan sebuah etape. Dan itu terjadi di etape 9 Reli Dakar 2017 dari Salta ke Chilecito dimana dengan jarak spesial stage 406 km terpaksa harus dibatalkan gara-gara cuaca buruk yang menyebabkan longsoran batu (rock slide).

Etape dengan julukan Super Belen tersebut terpaksa dibatalkan karena terjadi longsoran batu pada penghubung jalan dari Special Stage dan bivak Salta, 160 km jauhnya dari tujuan. Alhasil, etape favorit para peserta Reli Dakar tahun ini tidak akan mereka jalani.

Laman motorsport menyebutkan bahwa dengan kondisi ini maka kendaraan bantuan dan para pembalap telah dialihkan ke jalan berbeda melalui San Antonio de Los Cobres, tapi rupanya tidak layak. Itu artinya, pembalap tidak akan mampu mencapai bivak dan mempersiapkan diri untuk Stage 9.
Akibatnya, Reli Dakar 2017 pun akan menggunakan bivak Chilecito, untuk kemudian meneruskan rute sesuai jadwal. Dalam pernyataan yang dirilis pihak penyelenggara juga menyatakan, bahwa mereka telah meminjamkan sumber daya listrik ke desa terdekat Volcan, yang juga dilanda hujan badai dan longsoran lumpur.

Sam Sunderland masih memimpin klasemen Reli Dakar 2017 kategori motor. Sunderland, pembalap Red Bull KTM Factory Team, unggul 20 menit 58 detik dari pembalap Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, Pablo Quintanilla di tempat kedua.

Klasemen Pembalap Hingga Etape 8:

  1. Sam Sunderland – Red Bull KTM Factory Team – 22 jam 1 menit 8 detik
  2. Pablo Quitanilla – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing – +20 menit 58 detik
  3. Adrien van Beveren – Yamalube Yamaha Official Rally Team – +28 menit 49 detik
  4. Matthias Walkner – Red Bull KTM Factory Team – +34 menit 14 detik
  5. Gerard Farres Guell – Himoinsa Dakar Team – +34 menit 24 detik

Tinggalkan komentar