Suzuki Luncurkan Ertiga Diesel, Lebih Irit Dengan Fitur Hybrid dan Idling Stop, Harga Di Bawah 250 Juta!

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Tahun ini sepertinya memang menjadi tahunnya Suzuki. Jika di R2 mereka meluncurkan duo GSX, di R4 mereka lagi mempersiapkan launching varian baru dari Ertiga, mobil terlarisnya yakni Ertiga Diesel. Yuhuu… Ertiga akan ada varian dieselnya, bro tapi bukan diesel biasa melainkan Diesel Hybrid! Apaan tuh?

Suzuki menyebutnya SHVS, Smart Hybrid Vehicle of Suzuki. Ada tiga komponen utama di SHVS ini yakni mesin utama diesel dengan tipe D13A DDis DOHC, Baterai berkekuatan 70 Ah dan Integrated Starter Generator (ISG). Ketiganya bekerja satu kesatuan, dengan kata lain, tenaga dari Ertiga Diesel ini selain dari bahan bakar solar juga dari energi baterai. Hybrid namanya, kurang lebih begitu kalau sederhananya walau sebenarnya prosesnya rumit juga. Kerennya itu, baterai 70Ah itu akan terisi ketika si Ertiga lagi ngerem, energi kinetiknya akan dikonversi menjadi energi listrik dan disimpan di baterai kapasitas besar itu. Dan proses itu akan terus menerus terjadi.

Baca Juga

Dengan fitur hybrid itu, Ertiga Diesel yang punya kubikasi 1300 cc akan memiliki power puncak 89PS (@4000 rpm) dan torsi 200Nm (@1750 rpm). Mirip dengan Chevrolet Spin yang sama-sama diesel (tapi belum hybrid). Lalu, apa kelebihannya dong? Adalah, mana mungkin fitur baru disematkan gak ada pengaruhnya. Jadi, secara performa Ertiga Diesel memang bukanlah yang terkencang, tapi untuk urusan konsumsi bahan bakar boleh diadu. Suzuki mengklaim konsumsi bbm Ertiga Diesel mencapai 22,6 km untuk seliter bbm. Oh iya, Ertiga Diesel ini manual type.

Satu fitur lagi yang nemplok di Ertiga Diesel yakni fitur mesin mati kala berhenti di lampu merah. Wow… ISS a la matik Honda kini ada di mobil, bro. Suzuki Ertiga Diesel kini punya fitur itu. Konon kabarnya, walau mesin mati (idle) tapi AC tetap hidup lho. Ketemu lampu merah yang ratusan detik itu cincay lah ya, tetap adem di dalam.

Berapa harganya? Kabarnya Suzuki akan membendrol Ertiga Diesel Hybridnya tidak lebih dari 250 juta Rupiah! Value nih…

Ertiga Diesel Hybrid

Spesifikasi dan Fitur Suzuki Ertiga Diesel:

  • Torque assist Function ISG memanfaatkan Energi dari baterai untuk berperan sebagai Motor, ISG membantu kinerja mesin dengan memberikan tenaga Dorong
  • Gear Shift Indikator memberikan petunjuk posisi gigi transmisi yang optimum
  • ABS & EBD
  • Dual SRS Airbag
  • Head Lamp with Leveling Feature
  • Rear defogger
  • 4 poin parking sensor
  • SVHS system dan ISG
  • AC Heater
  • Day Night Mirror
  • Gear shift Indikator memberikan petunjuk posisi gigi terbaik saat berkendara, meningkatkan kenyamanan pengemudi dijalan.

– Power Maximum : 89 PS @4000 rpm
– Maximum Torque : 200Nm @1750 rpm
– Piston displacement : 1300 cc
– Transmisi. : Manual

-RA-

Credit: kobayogas, theautomotiveindia

2 responses to “Suzuki Luncurkan Ertiga Diesel, Lebih Irit Dengan Fitur Hybrid dan Idling Stop, Harga Di Bawah 250 Juta!

Tinggalkan komentar