Mau Scorpio 250 atau YZF250R…. I Don’t Care!!

New Scorpio Z 225 bakalan upgrade ke 250, I don't care

New Scorpio Z 225 bakalan upgrade ke 250, I don’t care

Desas-desus tentang kemungkinan ada perubahan pada sosok motor sport tertinggi Yamaha di Indonesia, scorpio, ibarat dua sisi mata uang, senang plus kuatir. Lho, koq bisa bukannya kemarin-kemarin berharap ada perubahan pada si kalajengking ini alias Sipio? Betul brosis, saya pribadi sangat berharap Scorpio akan diinjeksikan oleh Yamaha, dan itu sudah cukup (satu lagi ding…upgrade headlamp). Selain itu masih bisa ditoleransi. Namun, rumor yang berkembang akhir-akhir ini adalah adanya kemungkinan untuk Yamaha menaikkan kubikasi scorpio menjadi 250 cc atau didiskontinyu.

Andaikan Yamaha menyuntikkan teknologi injeksi pada Sipio, tentu ini kabar, minimal buat saya. Sipio akan lebih bisa hemat BBM plus biasanya injeksi identik dengan water cooling, jadi mesin sipio tidak akan cepat panas seperti sekarang dan efeknya akan bikin tarikan tetap stabil enteng.

Pajak Penjualan atas Barang Mewah untuk 250 cc ke atas

Pajak Penjualan atas Barang Mewah untuk 250 cc ke atas

Nah yang menjadi kekuatiran adalah andaikan Yamaha meneruskan klan scorpio ini dengan menaikkan kelasnya menjadi 250 cc. Kenapa?  Nih jawabannya PPnBM alias Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Indonesia itu memiliki aturan yang mengelompokkan kendaraan roda dua 250 cc ke atas dalam kategori barang mewah, otomatis nilai pajaknya akan lebih besar yang mencapai minimal 10% dan maksimal 50%. Belum pajak ini itu lainnya yang asli akan bikin harga kuda besi melonjak tak karuan dari harga dasarnya. So, jika scorpio 225 menjadi scorpio 250 siapkan saja sejumlah uang yang lebih besar untuk membayar pajak tahunannya dibanding sekarang yang masih di bawah 400 ribu.

Kalau kejadiannya seperti itu, ya sekalian saja Yamaha suntik mati klan scorpio, ikhlas banget koq :D. Dan segera bikin motor yang baru dengan identitas baru untuk kelas 250 cc. Mau masukkan Fazer 250 atau malah YZF250R….I don’t care anymore!

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

26 responses to “Mau Scorpio 250 atau YZF250R…. I Don’t Care!!

  1. salam kenal mas karis, mau nanya gimana cara mengatasi masalah kalo scorpionya overheat di jalan? apa mas karis pernah mengalami overheat di pionya?
    sekedar sharing nih soalnya saya baru ngalami mesin pio overheat dan mati total, padahal motor baru usia 10 bulan. jadinya motor didiamkan hampir 30 menit baru bisa nyala lagi, coba cek kondisi busi warnanya coklat kehitaman. apa wajarkah? sebelumnya dibawa jalan sejauh 40 km selama kurang lebih1 jam nonstop, dengan kondisi ada macet, kadang juga digeber sampe 90 km/jam. oo.. iya oli yg saya gunakan yamalube sport yg 20w-40, spertinya kuang cocok di pio. ada saran mas karis?

    Suka

    • Saya pernah ngalami overheat tp tdk smp mati mesin, hanya keras di perpindahan gigi 1-2 dan slip kopling. Solusi sementara ya matikan mesin istrht 15-30 menit, jangka menengah bisa cari oli terbaik, dicoba saja yg penting kekentalan dan viskositas sama, merk ga jd soal. Jangka panjang bisa pakai oil cooler.

      Suka

  2. Ping-balik: Ketemu Para Blogger Otomotif Senior..? Mungkin Hanya Sebuah Mimpi | Bakul Kangkung Jpr·

  3. Bro, biasanya ga pas di 250cc. Seperti Ninja 250, kubikasinya di 249cc.
    Kalau pajaknya lebih tinggi, benerr… Mestinya begitu karena harga dasar atau HPP nya juga lebih tinggi.
    Apa lagi kalau jadi ambil CBU dr luar, apalagi kalau luarnya itu selain ASEAN.

    Suka

  4. I don’t care jg om… hehehe, nikmati pio sekarang apa adanya dulu. kalau mau dibikin discontinue ya mau apalagi, kita kawinin aja pio kita, biar beranak sendiri 😀

    Suka

Tinggalkan komentar