RiderAlam.com – Tanpa ada sebab yang menurut RA jelas, tiba-tiba tercium bau bensin yang cukup kuat dalam beberapa hari terakhir di Sipio. Tadinya RA pikir hanya bau uap bensin yang biasa keluar dari tangki pas dibuka tutupnya. Lama-lama koq ada seperti tumpahan etesan bensin di blok mesin Sipio sebelah kiri, pas di bawah katup buka tutup bensin.
RA berpikir “masa sih tangkinya bocor?” Sambil menghibur hati RA coba menebak-nebak, mungkin klep katup itu kurang rapat. Mungkin selang bensin menuju mesin atau apakah itu namanya kurang rapat sehingga bensin rembes keluar. Hingga akhirnya hari ini, RA amati lebih detil lagi ternyata bagian tangki bawah kiri catnya mengelupas, pas RA sentuhkan jari ke area itu tercium bau bensin yang sangat kuat.
Gak mau terjadi hal-hal yang lebih parah, akhirnya RA sempatkan di jam ngajar untuk bawa Sipio ke bengkel resmi Yamaha depan POM Panji. Setelah daftar di resepsionis, lalu RA ceritakan kondisi Sipio kepada montir yang biasa menangani Sipio, Mas Anshori, kemudian RA kembali ke kantor sambil menitipkan nomor HP agar bisa mengabari setelah diperiksa.
Benar saja, sejam kemudian hp berbunyi (tititt tittttitt begitu bunyinya hehehehe…) ada sms dari mas Anshori yang mengabarkan bahwa tangki Sipio memang bocor namun sedikit saja di tangki dekat bagian katup buka tutup bensin bagian dalam, jadi kalau dilihat dari luar tidak akan terlihat. Jedeeennggg…. walau sudah menduga namun agak kaget juga mendengar kabar itu.
“Waahh…berapa harga tangki baru ya?”, “Duh, bisa tidak ya direparasi?”, “Bagaimana kalau nanti tidak bisa kembali normal, bocor lagi, bocor lagi?” Dan bla bla bla…. segala kekuatiran berdatangan.
Ya sudah, sudah terjadi ini akhirnya RA minta tolong gimana caranya agar tangkinya bisa tidak bocor lagi, sembari Mas Anshorinya bilang “nanti saya perbaiki mas, tak bawa ke tukang radiator untuk dipatri”. Agak tenang RA jadinya, ya setidaknya dalam jangka waktu dekat ada solusi. Oke deh, RA pasrahkan saja kepada Mas Anshori untuk gimana-gimananya.
Tak berapa lama kemudian beliau sms lagi mengabarkan bahwa sepeda sudah selesai dan bisa diambil sambil menyebutkan jumlah totak biaya yang mesti RA bayarkan. RA jemput Sipio ke BeRes unuk dibawa pulang. Ketika mengambil Sipio, RA sempat bertanya, “Mas, apakah tembelannya ini kuat?”, tentunya dengan rasa kuatir. Beliau jawab “Insya Allah mas, sebab itu dipatri sampai dua lapis alias dua kali sehingga lebih tebal”.
Entah, apakah itu kalimat menghibur atau memang sebenarnya, RA hanya bisa menunggu beberapa waktu ke depan apa yang akan terjadi dengan tembelan pada tangki Sipio. Semoga baik-baik saja deh….
Baca Juga:
- Ganti Motor, Naik Kelas Atau Turun Kelas?
- Hati-Hati… Aki Bisa Tekor Gara-Gara Lupa OFF-kan Kunci Kontak
- Ternyata YZF-R25 Masih Kalah Canggih Dari NSZ225
- Kronologi Perjalanan Mencari Pengganti Sipio
- Keadaan Ini Memaksa Sipio Dilego!
- Selamat Jalan Sipio!
- Impresi Dua Hari Riding Sipio Full Standart, Serasa Naik Motor Baru!
- Sipio Kembali Ke Titahnya, Merindukan Kondisi Awal!
- Harga NVL dan P200NS Di Situbondo
- Akhirnya, Scorpio Batal Disuntik Mati!
Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!
Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com
salam kenal!
info seputar unitrack dong brother
SukaSuka
untung byson tidak
SukaSuka
Untungnyaaa
SukaSuka
punyaku yg sering dikuras aja masih bocor kok (honda family) 😀
sekarang tak jar-jarke wae..
SukaSuka
Welkom to the klab
SukaSuka
Efek tutup jendol kali yaa 😆 ???
SukaSuka
Eh…
SukaSuka
selain kualitas tangki yang kurang bagus disempurnakan seringnya isi premium yang sering kali kurang bersih dan bercampur air…
SukaSuka
Bisa jadi
SukaSuka
Reblogged this on Kang_Ulid Blog and commented:
Hmm…
Kaget mendengarnya. Bagaimana tidak, si pio, tunggangan Kang Karis (rideralam.com) mengalami kebocoran tanki. Walaopun tidak begitu besar masalahnya, namun si pio kan tergolong baru. Dan saya tahu sendiri bahwa kang karis merawatnya dengan baik.
Terkait kebocoran tanki mungkin ada beberapa sebab: 1) tanki kemasukan air; 2) kualitas BBM yang kurang bagus; 3) kualitas tanki yang memang jelek; atau 4) kang karis lagi apes, hehehhe.
Turut berduka buat Kang Karis, moga cepet teratasi n bocornya ga’ merembet kemana-mana.
Amin!
SukaSuka
turut berduka cita kang…
SukaSuka
Wah, bocor juga.. pio saya dari 2007 blom pernah bocor samasekali tangkinya.. All is good, saya tempelin lis bekas helm yang rusak di bawah tankinya..
Seneng banget baca review2nya mas, keep it up.. sebagai sesama pemakai pio sangat membantu.. Pio saya sudah 107.000 km masih lonceeeer.. blom pernah ganti daleman mesin yg parah kecuali kanvas kopling dan primari gear yang mulai aus.. selain dari itu, paling kaki2… riding 8 jam non-stop pernah dijalanin, 4000km seminggu jalan pernah.. ga pernah ada masalah.. hehehe..
Salam…
SukaSuka
Wow…. keren bro, salam kenal
SukaSuka
di situ memang rawan , tiger, megapro, king, ninja 150
SukaSuka
Lho, iyo ta?
SukaSuka
daerah dekat kran
SukaSuka
Nah itu….
SukaSuka
kalau pio lama ada yang bocor, kalau pio baru malah baru denger ini, welkom to honda family 😀
SukaSuka
Honda Dcorpio Streetfire 😀
SukaSuka
Sering dicuci telanjang pionya dan bawah tangki sering dicuci juga dan alhamdullah saya udah pakai pio 2005 dan 2012 enggak bocor koe
SukaSuka